Jadwal Kuliah


JADWAL KULIAH PRIMO 2013

 

 

 

JADWAL KULIAH PRIMO 2013

PERIODE I (MINGGU I-II): 7 – 19 JANUARI 2013)

07.15

10.05

Peng. Perj.Lama

(3/HSA)

Teori & Prinsip Konseling (3/RA)

Kom.Lintas Budaya (3/PT)

PAK Masy. Majemuk

(2/BSS/HR)

Gembala Sidang Profesional (3/YMR)

10.05-10. 15 R e h a t S e j e n a k

10.15

12.15

Sosiologi Agama

(2/WSH/DJN)

PWTN

(2/BSS)

Pembinaan Kaum Muda (2/DNT)

Sej. Perj. Islam-Kristen (2/ EG)

12.20-13.20 Makan Siang & I s t i r a h a t S i a n g

13.30

15.30

Hermeneutika 1

(2/HSA/PKT)

Konseling Krisis

(2/RA/DJN)

Spiritualitas Kristen

(2/EG)

Transformasi Misi

(2/YMR)

15.30 – 15.45 R e h a t & S n a c k (Dosen & Mahasiswa)

15.45

18.35

Psikologi PAK/

PWG (2/RS/BSS)

Teol. Kep. Gereja Kreatif (3/YSA)

Gereja & Misi

(3/PT)

Teologi & Prinsip Pastoral (3/DN)

Kepemimpinan

(2/EG)

PERIODE II (MINGGU III-1V: 21 Januari – 2 PEBRUARI 2013)

07.15-

10.05

Filsafat Ilmu

(2/MS)

Antropologi Pelayanan (3/PT)

Dasar Alk.Teologi Misiologi (3/NF)

Budaya Organisasi

(3/YSA)

Studi Kasus Konseling (2/RA)

10.05 – 10.15 R e h a t Sejenak

10.15

12.15

Bahasa Ibrani

(2/HSA)

Hidup Yesus &

Pluralisme (2/BSS)

Teol. Kontemporer

(2/YMR)

Konseling Kognitif

(2/WSH/DJN)

12.20-13.20 M a k a n S i a n g & I s t i r a h a t

13.30

15.30

Teol. Sistematik I

(2/MS)

Pernikahan & Keluarga (2/RA)

Teologi Biblika

(2/NF)

Isu-isu Misiologi

(2/YMR)

15.30 – 15.45 Rehat & Snack (Dosen & Mahasiswa)

15.45

18.35

Teologi Kaum Awam (3/NF/HR)

Desain Riset

(2/BSS)

Model Konseling &

Psikoterapi (3/DN)

Manj.Perub.& Org. (3/YSA/PKT)

Catatan:

1. Kuliah Primo 2013 akan berlangsung pada: (1) Periode I: Senin, 7 Januari - Sabtu, 19 Januari 2013;

(2) Periode II: Senin, 21 Januari 2013 – Sabtu, 2 Pebruari 2013.

2. Konsultasi Akademis: (a) Periode I: Senin 7 Januari 2013; Pkl. 07.00-08.00. & 13.00-13.30

(c) Periode II: Senin 21 Januari 2013; Pkl. 07.00-08.00. & 13.00-13.30 . Mahasiswa luar kota harap mengirimkan konfirmasi keikutsertaan

dalam Primo 2013 dengan mengirimkan formulir yang terlampir pada pengumuman Primo 2013, atau dapat mengirimkannya melalui fax (022)

6658353, tlp. (022) 6658354, atau via e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

3. Kuliah berbobot 2 SKS = 120 menit; 3 SKS = 170 menit (12 kali pertemuan).

4 Setiap Rabu ada Kebaktian Bersama: Pkl. 09.30-10.30 (Kuliah I diakhiri Pkl. 09.20; Kuliah II dimulai pkl. 10.40).

 

PENGUMUMAN KULIAH PADAT PRIMO 2013

Perkuliahan Primo 2012 (intensif) akan berlangsung pada: Periode I:Senin, 7 Januari 2013 (pagi) – Sabtu, 19 Januari 2013 (sore), dan Periode II: Senin, 21 Januari 2013 (pagi) – Sabtu, 2 Pebruari 2013 (sore), Karena itu para mahasiswa (MA/M.Th) yang akan mengikuti kuliah pada Primo 2012 agar memperhatikan hal-hal berikut:

I. Administrasi

a. Setiap mahasiswa diharuskan melunasi semua biaya kuliah sebelumnya (tidak ada tunggakan).

b. Biaya Pemondokan & Makan selama dua periode kuliah (Rp. 800.000); atau setiap periode (2 minggu)

sebesar Rp. 400.000.

c. Bagi mahasiswa pendengar dikenakan biaya kuliah Rp. 100.000/ mata kuliah. Sedangkan pendengar non

mahasiswa membayar Rp. 200.000/mata kuliah.

d. Biaya SKS dan lain-lain dapat ditanyakan kepada bendahara pada waktu konsultasi.

II. Pemondokan & Akomodasi

a. Setiap mahasiswa yang menginap di asrama Tiranus harus menghubungi dan memesan tempat

kepada Bapak/Ibu Asrama (Andi Lukito, S.Th/Ibu Hani Rohayani: Tlp. 022 665 8860).

b. Keperluan & perlengkapan pribadi seperti: handuk, sprei, selimut, jaket, dll. Anda bawa sendiri.

c. Tiranus menyediakan komputer dalam jumlah terbatas di lab komputer. Anda yang hendak menggunakannya

harap menghubung petugas. Laptop (notebook), printer maupun perlengkapan elektronik lainnya yang Anda bawa

sendiri selama Primo 2013 dikenakan biaya tambahan Rp. 50.000 (dibayar pada waktu registrasi).

III. Akademis

1. Jam kuliah. Berdasarkan jadwal perkuliahan intensif, perkuliahan akan berlangsung selama 12 kali pertemuan dengan

ketentuan: mata kuliah berbobot 2 SKS, 120 menit; sedangkan mata kuliah berbobot 3 SKS: 170 menit untuk setiap

pertemuannya.

2. A. Prosedur konsultasi: (a). melunasi semua biaya perkuliahan (tidak memiliki tunggakan); (b) mengambil KRS/KHS

BAAK S-2 (Bpk. Slamet Triadi); (c) Konsultasi Akademik dengan Direktur Program Pascasarjana (bagi mahasiswa

baru), sedangkan mahasiswa lama konsultasi dengan Ketua Konsentrasi. (d) pelunasan biaya kepada bendahara (Ibu

R. Soniawati). (e) fotocopynya sebanyak 4 lembar diserahkan kepada: BAAK S-2, Bendahara, SPMI (Sada Kata, MA)

serta Direktur Program (Pdt. D.E. Naat, Ph.D). (f) mahasiswa yang mengikuti kuliah tanpa mengisi dan menyerahkan

KRS/KHS dianggap tidak resmi/taidak sah.

(g) Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi BAAK S-2: tlp. 022-6658354; fax (022) 6658353 setiap hari kerja.

B. Konsultasi Akademis dilakukan dengan:

a. Direktur Program Pascasarjana : Pdt. Dominggus E. Naat, M.Th., Ph.D (bagi mahasiswa baru).

b. Bidang Konsentrasi:

1. Apologetika (MA/M.Th): Pdt. Prof. Dr. W.S.Heath, Ph.D. D.D.

2. Misi & Penginjilan (MA/M.Th): Pdt. Dr. Nimrod Faot, M.Th. Th.D.

3. Pendidikan Kristen (MA/M.Th): B.S. Sidjabat, Th.M., Ed.D.

4. Konseling & Pastoral (MA & M.Th): Pdt.D.E. Naat,M.Th., Ph.D.

5. Kepemimpinan Christian Leadership: M.Th): Y.Sridadi Atiyanto, Ph.D.

3. Tes pengetahuan Alkitab : wajib ditempuh oleh mereka yang belum mencapai nilai standar yang ditentukan, maupun mereka

yang akan menempuh Ujian Sidang (Perjanjian Baru: 80-100; Perjanjian Lama: 75-80). Nilai tes berlaku selama 2 tahun.

4 Pindah Konsentrasi/Program: (a) mahasiswa MA yang bergelar Sarjana Theologia (S.Th) yang ingin beralih program ke

M.Th harus mencapai IPK 2,8. (b) memperoleh surat rekomendasi dari Ketua Konsentrasi yang selanjutnya

konsultasi dengan Direktur Program. (c) membayar biaya kuliah yang sudah ditempuh menurut ketentuan biaya program

M.Th. (d) Mahasiswa yang pindah konsentrasi: mata kuliah konsentrasi sebelumnya tidak diperhitungkan, harus

mengambilh mata kuliah konsentrasi baru (18 SKS).

5. Mahasiswa yang tidak lulus dalam mata kuliah pada kuliah intensif sebelumnya (medio, primo), dapat menglanjutkan atau

menyelesaikan tugas-tugas jika diizinkan oleh dosen pengampu, dengan tetap mengisi KRS/KHS dan membayar biayanya.

Bilamana tidak diperbolehkan maka Anda harus mengupayakan mengulangi mata kuliah tersebut.

6. Program Khusus Konversi ke M.Th: dikhususkan bagi para alumni STA Tiranus yang berkecimpung dalam Pendidikan

Tinggi Teologi (PTT) sebagai dosen, dengan gelar sebelumnya: MA dan M.Div., dengan melampirkan Surat

Rekomendasi dari PTT. Persyaratan & ketentuan lainnya silahkan Anda menghubungi BAAK.

7. Masa Studi: berlangsung selama empat tahun (MA/M.Th). Mahasiswa yang telah melampaui masa studi tersebut

wajib mengajukan Permohonan Perpanjangan Studi paling lama 3 Semester dengan memenuhi semua kewajiban

Administrasi & Keuangan (Uang pangkal dan uang kuliah sesuai dengan ketentuan baru). Berdasarkan ketentuan

yang dikeluarkan oleh Bimas Kristen (khususnya Tim Penjamin Mutu), yang berlaku untuk semua Perguruan Tinggi

Teologi maka mahasiswa Program MA yang telah melebihi masa kuliah di atas, maka kuliahnya dinyatakan

berakhir. Untuk dapat meneruskan kembali perkuliahan, mahasiswa bersangkutan harus melamar kembali

sebagai mahasiswa baru, agar kepadanya diberikan NIM baru, dengan memenuhi semua ketentuan administrasi

yang berlaku di STA Tiranus. Keterangan lebih jauh harap menghubungi Ketua Bidang Konsentrasi atau Direktur

Pascasarjana

8. Mahasiswa yang lama tidak aktif (lebih dari 2 tahun) diwajibkan melamar kembali dengan memenuhi semua

ketentuan pembiayaan serta mengikuti perubahan kurikulum yang sedang berjalan

9. Penulisan Tesis & Karya Ilmiah: membayar biaya (SKS) tesis pada semester berjalan dan apabila penulisan belum

berkahir Anda diwajibkan membayar kembali biaya termaksud pada semester berikutnya. Pemilihan judul

dan pembimbing dikonsultasikan dengan Ketua Bidang konsentrasi masing-masing. Keputusan Layak Sidang Komprehensif

ditentukan oleh Dosen Pembimbing, Ketua Bidang Konsentrasi dan Direktur Program.

10. Kolokium Tesis: mahasiswa yang akan menulis tesis diwajibkan mengikuti kolokium tesis pada:2-3 Pebruari 2012

khusus bagi peserta Primo 2012; mahasiswa yang berdomisili di Bandung dapat menyesuaikan dengan jadwal reguler

Mohon mendaftarkan diri untuk penjadwalannya.

11. Mata Kuliah Wajib: Teologi Kaum Awam, Pelayanan Anak, PWTN dan Teologi Kehidupan Kristen adalah mata

kuliah wajib STA Tiranus yang harus Anda tempuh dan lulus sebelum menulis tesis. Prioritaskan kuliah-kuliah

wajib tersebut jika Anda belum menempuhnya atau belum lulus. Kegagalan tiga periode berturut-turut akan mempengaruhi

kelanjutan studi Anda di Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus.

12. Ujian Negara: dibuka bagi mereka yang bergelar M.Th yang sudah menempuh Ujian Nasional S-1. STA Tiranus sejak 2010

telah melaksanakan Ujian Negara di kampus Cihanjuang sesuai dengan jadwal dari Bimas Kristen Kementerian Agama RI

(setahun 2 kali).

13. Ketentuan lainnya dapat dipelajari pada Katalog 2010 (tersedia di BAAK).

14. Informasi: 15 dosen STA Tiranus telah memperoleh Kepangkatan Akademis dari Bimas Kristen Kemenag RI pada bulan

Agustus 2011; dan telah menempuh Sertifikasi Dosen sesuai dengan ketentuan pemerintah (Dikti) pada bulan September

2011.

Cihanjuang, 18 Oktober 2011

Salam Kasih,

(Pdt. Dominggus E. Naat, Ph.D)

NIDN: 0418115804